Profil

Organisasi

UPT Teknologi Informasi – DCISTEM hingga saat ini masih terus meningkatkan pelayanan dan fasilitas untuk kemajuan Universitas Padjadjaran terutama di bidang ICT agar visi dan misi DCSITEM dapat tercapai dimana Universitas Padjadjaran dapat menjadi salah satu Universitas terbaik yang menjadi sosok contoh bagi perguruan tinggi lain yang terbuka pada perubahan dan kemajuan di bidang teknologi informasi. Hal ini menjadi penting karena hal tersebut dipandang memiliki peranan penting bagi keberhasilan suatu universitas. Tim UPT Teknologi Informasi – DCISTEM terdiri dari 2 divisi yaitu:

a. Divisi Infrastruktur Informasi

Divisi Infrastruktur Informasi merupakan salah satu tim DCISTEM yang bertugas menyusun, menyempurnakan, mensosialisasikan, menerapkan dan mengembangkan infrastruktur jaringan; melakukan implementasi dan pengendalian serta pengawasan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan infrastruktur sesuai dengan panduan manajemen mutu yang telah disusun serta melakukan pembinaan sistem mutu bidang-bidang kerja dalam organisasi; melakukan pelayanan dan pengembangan. Dalam melaksanakan kegiatannya tim ini dipimpin oleh Kepala Divisi infrastruktur yang bertanggung jawab langsung kepada Kepala UPT Teknologi Informasi – DCISTEM.

b. Divisi Infrastruktur Rekayasa Perangkat Lunak

Divisi Rekayasa Perangkat lunak merupakan salah satu tim DCISTEM yang bertugas membangun, menyempurnakan dan mensosialisasikan perangkat lunak yang digunakan di lingkungan Unpad; serta melakukan implementasi dan pengawasan penerapan perangkat lunak sesuai dengan panduan manajemen mutu yang telah disusun. Dalam melaksanakan kegiatannya tim ini dipimpin oleh Kepala Divisi Rekayasa Perangkat Lunak yang bertanggung jawab langsung kepada Kepala UPT Teknologi Informasi – DCISTEM.

Visi

“Turut serta mewujudkan UNPAD sebagai world class university dengan mewujudkan sistem enterprise manajemen Perguruan Tinggi dan collaborative learning gateway.”

Misi

Aktif dalam pengembangan industri kreatif sehingga mendukung ekonomi kerakyatan. Sebagai pusat penyedia solusi dan layanan dalam rangka mendukung UNPAD sebagai pusat penyebaran dan pelestarian budaya bangsa berbasiskan Teknologi Informasi. Pusat Informasi berbagai macam keilmuan dan teknologi bersumber kepada kekayaan intelektual yang dimiliki UNPAD.

Tugas dan Tanggung Jawab

Tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada UPT Teknologi Informasi – DCISTEM antara lain: Mengkoordinasikan serta secara bertahap mengintegrasikan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Unpad; Mengembangkan dan menerapkan sistem informasi dan teknologi untuk kepentingan pendidikan dan manajemen di lingkungan Unpad; Mengoptimalkan kebermanfaatan DCISTEM dalam pelayanan berbasis IT bagi seluruh Fakultas/Jurusan dan unit-unit kerja di lingkungan Unpad; Mengembangkan sistem data warehouse untuk membantu mengintegrasikan database yang ada di lingkungan Unpad.